Indentifikasi CPCL Kegiatan PUPM Komoditas Cabai Tahun 2020

Indentifikasi CPCL Kegiatan PUPM Komoditas Cabai Tahun 2020


Yudha Karya Bakti (11/02/2020), Dalam rangka percepatan pelaksanaan kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Tahun 2020, Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Muslim, MM selaku Tim Teknis Provinsi bersama dengan Tim Teknis Kabupaten Musi Rawas melakukan indentifikasi Calon Penerima/Calon Lokasi (CP/CL) Penerima Manfaat kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Tahap Penumbuhan khusus Komoditas Cabai Tahun 2020 di Kelompok Tani "Karya Bakti" Desa Yudha Karya Bhakti Kecamatan Suka Karya dan Kelompok Tani "Sekar Arum" Desa Ciptodadi II Kecamatan Suka Karya.

Pada Tahun 2020, kegiatan PUPM tidak hanya untuk komoditas beras tetapi diperluas komoditasnya termasuk cabai, bawang merah, dan telur. Perluasan komoditas tersebut dilakukan dengan memperhatikan permasalahan selama ini terkait fluktuasi harga pada komoditas tersebut yang sering terjadi sepanjang tahun, dan tingginya disparitas harga baik antar konsumen dengan produsen maupun antar wilayah. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis dan efisiensi rantai distribusi pemasaran dengan memperpendek rantai pasok. Kegiatan PUPM secara tidak langsung berperan dalam mengatasi anjloknya harga pada masa panen raya dan tingginya harga pada saat paceklik, serta menjadi instrumen Pemerintah untuk menahan gejolak harga pada saat suplai melimpah maupun kurang.


0 Komentar

Tulis Komentar