Sosialisasi Pengembangan KRPL Tahun 2019

Sosialisasi Pengembangan KRPL Tahun 2019


Jumat (03/05/2019), Dalam Pelaksanaan Sosialisasi Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tahun 2019, Plt. Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas, Ir. Hayatun Nofrida, MP dan Kepala Bidang Konsumsi Pangan mencanangkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) guna meningkatkan kualitas pangan dan pemanfaatan lahan pekarangan rumah menjadi lahan produktif serta terus mendorong pemanfaatan pekarangan sebagai tempat mengembangkan beragam tanaman pangan.

KRPL adalah suatu rancangan dimana nantinya diharapkan rumah penduduk mengusahakan pekarangan secara intensif untuk dimanfaatkan dengan berbagai sumber daya lokal secara bijaksana yang menjamin kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam.

Selain itu, KRPL juga mencakup upaya intensifikasi pemanfaatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya seperti sekolah, lahan terbuka hijau, serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.

Keterbatasan lahan yang tersedia perlu disikapi dengan penanaman vertikultur, dengan pemakaian media yang sederhana seperti pot-pot bekas, kaleng bekas, polybag, paralon bekas sehingga walaupun lahan sempit masih dapat dimanfaatkan untuk penanaman sayur, buah-buahan, memelihara ikan dalam rangka penyediaan sumber pangan dan gizi keluarga.

Pengembangan KRPL menjadi salah satu alternatif dengan menggunakan pemanfaatan pekarangan yang ramah lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan pangan, gizi keluarga, dan peningkatan pendapatan yang pada hasil akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan sehingga mampu mewujudkan kemandirian pangan.


0 Komentar

Tulis Komentar