Lomba Kreasi Pangan Lokal Non Beras Non Terigu bagi UMKM Binaan TP PKK Tk Kab. Musi Rawas Tahun 2022

Lomba Kreasi Pangan Lokal Non Beras Non Terigu bagi UMKM Binaan TP PKK Tk Kab. Musi Rawas Tahun 2022


Dalam rangka mendorong tumbuhnya kreativitas dan inovasi masyarakat khususnya pada ibu rumah tangga dalam pengolahan bahan baku lokal yang bernilai ekonomis, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas menggelar Lomba Kreasi Pangan Lokal Non Beras Non Terigu Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Binaan Tim Penggerakan PKK Tingkat Kabupaten Tahun 2022 pada Rabu (10/08/2022) di Taman Beregam, Muara Beliti.


Kegiatan lomba ini dibuka secara resmi oleh Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud.

Tampak hadir menyemarakkan suasana lomba Ketua TP PKK Kabupaten Musi Rawas, H. Novianto Gustam, Forkopimda Kabupaten Musi Rawas, Ketua DWP Kabupaten Musi Rawas, Para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Musi Rawas, Camat Se Kabupaten Musi Rawas, Pengurus TP PKK / DWP Kabupaten Musi Rawas.

Dalam sambutannya, Ratna Macmud mengatakan bahwa saat ini Pemerintah secara gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Upaya tersebut dilakukan tidak untuk mengganti akan tetapi mengubah prilaku pola konsumsi. “Saya mengharapkan Kegiatan Lomba Kreasi Pangan Lokal Non Beras Non Terigu Bagi Pelaku Usaha UMKM Binaan Tim Penggerak PKK 14 Kecamatan Tingkat Kabupaten Tahun 2022 ini bukan sekedar acara seremonial saja, tetapi menjadi pemacu kreativitas dan inovasi bagi masyarakat Kabupaten Muba untuk mengembangkan pangan lokal yang bernilai ekonomis dan komersial berupa oleh-oleh makanan khas bumi Lan Serasan Sekentenan,”ungkapnya.

Pangan masyarakat, lanjutnya dari dominan beras kepada berbagai ragam jenis pangan lainnya. Dengan upaya selain mendorong kreatifitas dalam mengembangkan kudapan/snack sebagai olahan lokal bernilai ekonomis.

Untuk itu, Dikatakan Ratna Machmud Pemkab Musi Rawas sangat mendukung langkah-langkah yang telah diambil dinas ketahanan pangan dengan menyelenggarakan lomba kreasi pangan lokal non beras non terigu bagi pelaku usaha UMKM Binaan Tim Penggerak PKK 14 kecamatan tingkat kabupaten tahun 2022, serta mendorong tim penggerak PKK Kabupaten, kecamatan, kelurahan / desa, kelompok dasawisma untuk dapat terus memanfaatkan dan menciptakan keanekaragaman makanan yang berasal dari bahan pangan lokal.”Aspek kualiatas pangan sangat berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM), khususnya status gizi, yang ditentukan jumlah asupan pangan yang dikonsumsi. Ayo mulai sekarang kita perlu membuka wawasan kita untuk dapat mendorong percepatan penganekaragaman pangan, baik dari sisi hulu maupun hilir. dari sisi hulu dilakukan dengan peningkatan penyediaan berbagai jenis dan aneka ragam pangan, sehingga tidak tergantung hanya pada salah satu jenis bahan pangan saja,”tandasnya.

Senada, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dr. Ir. Hayatun Nofrida, MP dalam laporannya mengatakan bahwa lomba ini diadakan selama satu hari, dan diikuti oleh peserta dari 14 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya diharapkan mampu menumbuhkan minat dan potensi bahan pangan lokal yang sehat, dengan komposisi seimbang bernilai ekonomis dan juga nilai tambah. ”Tujuan kegiatan ini, mendorong konsumsi pangan seimbang dan aman dengan memanfaatkan pangan lokal. Selain itu juga mendorong kreativitas dan inovasi pangan lokal yang bernilai ekonomis,” pungkasnya.


0 Komentar

Tulis Komentar