Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan PUPM Tahun 2019

Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan PUPM Tahun 2019


Kamis (21/02/2019), Pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM) Melalui Toko Tani Indonesia Tahun 2019 dengan Gapoktan Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM) Tahap Penumbuhan, Tahap Pengembangan dan Tahap Pembinaan. Pertemuan Koordinasi dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Ir. Hayatun Nofrida, MP bersama Kepala Bidang Distribusi Pangan Darli.AS, SH dan Kepala Bidang Ketersediaan Pangan Indarwanto, SP, M.Si.

Tujuan pelaksanaan kegiatan PUPM yaitu:

  1. menyerap produk pertanian nasional dengan harga yang layak dan menguntungkan petani khususnya bahan pangan pokok dan strategis;
  2. mendukung stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis; dan
  3. memberikan kemudahan akses konsumen/masyarakat terhadap bahan pangan pokok dan strategis yang berkualitas, dengan harga yang wajar.

Melalui kegiatan Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM), produksi bahan pangan dari petani akan mendapatkan alternatif saluran pemasaran melalui LUPM, dimana petani akan mendapatkan jaminan harga beli sesuai acuan harga pembelian pemerintah atau harga referensi yang berlaku dengan memperhatikan margin keuntungan yang layak untuk petani. Bagi LUPM, pola ini juga akan memberikan kepastian ketersediaan bahan pangan yang dikelola sehingga dapat menjamin kontinuitas produksi dan pasokannya ke TTI.


0 Komentar

Tulis Komentar